Pengikut

Minggu, 01 April 2012

Mengenal dan Mengelola Menu User

Salah satu kelebihan Joomla! adalah dimungkinkanya pengunjung atau pengguna diatur menjadi beberapa kelompok ’group’. Setiap kelompok diberi hak akses atau penataan ‘permission layer’ yang berbeda-beda terhadap public website dan halaman penataan ‘administrator website’. Hal inilah yang disebut sebagai manajemen pengguna ‘user managemen’ dalam Joomla!

Manajemen pengguna dalam joomla dapat dikelola oleh Super Administrator dan Administrator. Keduanya adalah kelompok pengguna yang dapat melakukan penataan website dari halaman administrator. Akan tetapi hak akses dan penataan oleh Administrator lebih terbatas dibandingkan dengan hak akses dan penataan yang dimiliki oleh Super Administrasi


Selain Super Administrator dan Administrator, masih terdapat suautu kelompok pengguna yang bisa mengakses halaman Administrator, yakni Manajer yang memiliki hak akses yang lebih terbatas lagi dari Administrator. Ketiga kelompok pengakses halaman Administrator ini juga dapat login di halaman public (front-end) dan mendapatkan hak akses tertingi (publisher). Hal ini berbeda dengan lima kelompokpengguna atau pengakses halaman public yang hanya dapat mengakses dan login di dalaman public (front-end) dan tidak dapat masuk kehalaman Administrator.
4.1       Kelompok User Back-end & Front-end
Pengunjung atau pengguna halaman Administrator dan halaman public website berbasis Joomla! dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok. Kelompok pengguna tersebut diurut mulai dari yang paling besar hak aksesnya, sebagai berikut:
1.          Super Administrator
Kelompok Super Administrator merupakan kelompok pengguna website yang mempunyai hak akses dan penatan penuh terhadap website dan dialah admin yang ditentukan ketika pertama kali menginstal Joomla!.

Seoranng super Administrator dapat memberikan atau mengaktifkan hak akses ke semua kelompok pengguna dengan level akses masing-masing, baik terhadap halaman Super Administrator ‘back-end’ ataupun halaman public website ‘front-end’. Super Administrator dapat memberikan hak penuh kepada Super Administrator baru.

2.             Administrator
Administrator kelompok pengguna website yang bisa memberikan atau mengaktifkan dan mengatur hak akses semua kelompok pengguna website Joomla, kecuali Super Administrator dan Administrator lainnnya. Administrator bisa juga melakukan penataan website sebagaimana Super Administrator, kecuali pengaturan Global Configuration, Template Manager, Language Manager, Read Messages, Write Messages, dan Mass Mail

3.             Manager
Manager adalah kelompok pengguna website yang dikhususkan untuk melakukan penataan isi ‘content’ website. Oleh karena itu, pengguna yang masuk dalam kelompok Manager hanya bisa mengakses menu administrator yang terkait dengan pengaturan isi website, yakni Article, Category, dan Section Manager.

Manager juga bisa mengakses Media Manager dan menu Components. Meskipun kelompok pengguna ini bisa mengakses menu: Menus, tetapi ia hanya bisa membuat item menu baru dalam Menu (type) yang telah dibuat oleh Administrator atau Super Administrator. Manager tidak bisa memberikan akses terhadap kelompok pengguna lainnya. Apalagi pengaturan seperti meng-install dan unistall extension dan pengaturan template dan bahasa.

Gambar: 4.1 User  group Back-end

0 komentar:

copyright © 2012 OkeTutorial